manfaat buah alpukat bagi tubuh


"Apa saja manfaat buah Alpukat ?? "
 Jumpa lagi sobat, nah kali ini kita akan membahas tentang Manfaat buah alpukat bagi tubuh tentu sudah tidak asing lagi untuk buah yang   satu ini, buah yang tumbuh musiman dan biasanya di tanam di sekitar pekarangan rumah atau di kebun. Solnya tanaman ini banyak tumbuh di kawasan asia tenggara khusunya indonesia.

sebelum membahas jauh tentang buah alpukat alangkah baiknya kita kenali dulu beberapa manfaat buah ini. Buah alpukat mengandung vitamin E, sumber serat, tinggi protein dan masih banyak lagi. Nah di sini saya akan menjelaskan 6 manfaat buah alpukat. Apa saja penjelasanya?



 Buah alpukat juga menpunyai manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel cancer karena terdapat senyawa aktif yang terkandung di dalam buahnya.

Selain itu buah ini juga bisa di konsumsi di saat sobat melakukan progam diet karena buah ini bebas akan kolesterol dan rendah kalori.

Enam manfaat buah alpukat

Sebagai sumber vitamin E yang tinggi

Buah alpukat mengandung vitamin di antaranya yaitu vitamin E, kandungan vitamin di dalamnya cukup tinggi. Nah tubuh kita membutuhkan vitamin ini untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber serat

Alpukat serat yang cukup tinggi baik itu serat larut maupun serat tidak larut. Serat berfungsi mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Dia bekerja dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, serta dapat membantu mempertahankan fungsi usus dan dapat mencegah gula darah naik setelah habis makan.

Melindungi kesehatan mata

Makan buah alpukat secara rutin dapat meningkatkan asupan zat lutein yang akan melindungi kita dari penyakit katarak.

Menghambat pertumbuhan sel cancer

Sebelumnya sudah di singgung mengenai manfaat buah alpukat yaitu untuk menghambat pertumbuhan sel cancer, sebab buah alpukat mengandung senyawa yang mampu menghambat sel cancer.

serta dapat mencari sel cancer yang baru timbul dan jika di temukan sel cancer baru maka akan langsung di hancurkan tanpa memberikan dampak nuruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

Memelihara berat badan

jika sobat sedang menjalankan program diet rendah kalori buah ini bisa menjadi solusinya. Tahukah sobat kalau buah alpukat bebas kolesterol dan rendah kalori dan ketika di konsumsi buah alpukat
mengalirkan sekitar 20 vitamin,mineral dan fito nutrien yang menunjang diet kalori seseorang.

Tinggi protein dan lemak tak jenuh

Di dalam buah alpukat menyimpan kurang lebih 4 gram protein pada satu buahnya, di samping itu juga terdapat lemak baik.buah ini bisa menjadi alternatif makanan yang sehat.

Resep jus buah alpukat


Buah alpukat juga bisa di buat macam-macam olahan baik itu makanan maupun minuman, nah kali ini ada resep tentang cara membuat jus alpukat yang segar dan menggoda lidah tentunya, hehe

bahan yang di perlukan untuk membuat jus alpukat adalah:

  • 2 buah alpukat yang sudah matang
  • 80 ml gula cair
  • air matang secukupnya
  • susu kental manis secukupnya ( jika sobat ingin menggunakan susu kental manis cokelat juga bisa )
  • es batu secukupnya
cara membuatnya
  • belah buah alpukat menjadi 2 bagian, buang bijinya dan ambil daging buahnya.

  • masukkan buah alpukat kedalam blender tambahkan susu dan gula cair

  • blender buah alpukat hingga halus

  • siapkan gelas/ mangkuk kecil juga bisa, kemudian tambahkan es batu kedalamnya

  • tuang jus alpukat ke dalam gelas/ mangkuk kecil
  • jus alpukat siap di hidangkan.
selain di buat jus buah alpukat juga bisa di konsumsi langsung daging buahnya. Sobat tinggal pilih mau yang mana sesuai selera sobat.

baca juga : manfaat jambu biji untuk kesehatan
 itulah manfaat tentang buah alpukat untuk tubuh kita. Ternyata besar kegunaannya yah sobat, nah buat sobat yang ngga doyan makan buah alpukat, mungkin artikel ini bisa menginspirasi sobat untuk mulai Mengkonsumsi buah alpukat.



Sekian dulu yah sobat,semoga bermanfaat buat kita semua hehe
dan jangan lupa share ke yang lainya.
Selamat mencoba...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "manfaat buah alpukat bagi tubuh"

Post a Comment