Tips mengawetkan cabai

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat menimbulkan rasa pedas dan panas. Senyawa yang terkandung di dalam cabai juga dapat menimbulkan sensasi tersendiri bila di olah dalam makanan. Cabai juga berfungsi sebagai perangsang nafsu makan dan membuat ketagihan.


Tanaman cabai juga mengandung vitamin C dan A, di ketahui kalau kedua vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh kita ya ngga sobat.
selain vitamin ternyata cabai juga mengandung kalsium,zat besi,natrium dan zink yang tentunya di butuhkan oleh tubuh kita.

Kurang lengkap rasanya bila kita makan makanan tetapi tidak ada rasa pedasnya, ibarat sayur tanpa garam, hehehe
Cabai juga sering di olah sebagai sambal, ternyata di negara kita ada banyak macam sambal lho sobat mulai dari sambal terasi,sambal honje,sambal cabai hijau,sambal balado,sambal tempoyak,sambal matah,sambal panado dan masih banyak lagi.

cara mengawetkan cabai

Cabai


Baca juga : Khasiat dan Manfaat Daun Bawang


Cabai juga di ketahui memiliki manfaat sebagai obat dan antimikroba. Bumbu-bumbu semacam cabai juga terbukti bisa membunuh bakteri dan membuat makanan lebih aman untuk di konsumsi.

Tips untuk mengawetkan cabai

Simpan cabai dengan cara yang tepat

sebelum di masukkan kedalam kulkas ,cuci bersih cabai dan tiriskan airnya hingga kering. Lalu masukkan cabai ke dalam wadah kedap udara yang dialasi dengan kertas atau tisu yang menyerap air.

Keringkan Cabai

Mengeringkan cabai juga bisa membuat tahan lama,caranya cabai di jemur hingga kering, cara ini bertujuan untuk mengurangi kadar air di dalam cabai.

Di jadikan sambal goreng

Blender cabai dengan sedikit minyak goreng, lalu di goreng hingga seperti sambal goreng. Masukkan sambal cabai kedalam botol atau bisa juga wadah dan tutup rapat kemudian simpan di dalam kulkas. Setiap kali sobat butuh sobat tinggal mengambilnya.

Direndam dalam minyak zaitun

Susun cabai dalam botol selai dengan posisi berdiri lalu tuangkan minyak zaitun ke dalamnya. Simpan rendaman cabai di tempat yang sejuk dan gelap.


Nah itulah beberapa tips untuk mengawetkan cabai, sobat bisa mencobanya di rumah cara- cara tersebut. Ya itung-itung sambil mengurangi bajet kita untuk membeli cabai,soalnya harga cabai sering melambung tinggi di pasaran.

Tips Menghilangkan rasa pedas dan rasa panas dari Cabai


Rasa pedas dan panas dari cabai dapat di minimalisir dengan bahan-bahan sebagai berikut:
  • Madu dan Gula . Rasa manis pada kedua bahan tersebut dapat mengurangi dan menetralisir rasa pedas dan panas yang tertinggal di mulut.
  • Cokelat kandungan lemak yang tinggi dan rasa manis pada cokelat dapat menghilangkan rasa pedas.
  • Buah-buahan juga dapat menghilangkan rasa pedas dan panas dari cabai, buah juga sering di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Bagaimana menurut sobat,ternyata cabai memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita ya ngga sobat. Jadi jangan bosan makan cabai,hehe

Semoga pembahasan tentang cabai kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua,jangan lupa share ke yang lainya yah sobat..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips mengawetkan cabai"

Post a Comment